Tuesday, March 20, 2012

Mesin Bensin 2 Langkah (2tak) dan 4 Langkah (4tak)

Mesin Bensin 2 Tak dalam menghasilkan Usaha atau Kerja dibutuhkan satu kali putaran poros engkol, Cara kerjanya pada saat piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) menuju TMA (Titik Mati Atas) ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa (vakum) dan lubang pemasukan terbuka. Hal ini akan menyebabkan perbedaan tekanan yg membuat udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yg selanjutnya masuk ke ruang engkol(langkah isap)
Disisi lain lubang pemasukan dan lubang tertutup oleh piston (langkah kompresi). Dengan gerakan piston yg terus keatas mendesak gas baru yg sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, busi akan memercikan bunga api (langkah usaha)




Mesin Bensin 4 Tak
dalam satu siklus pembakaran terjadi empat langkah piston/torak yaitu Langkah isap (pemasukan bahan bakar), Kompresi, Tenaga/Usaha dan langkah buang yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol(crankshaft)

Langkah Isap Pada saat piston/torak bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB), posisi klep/katup masuk terbuka dan katup buang tertutup mengakibatkan gas yg terbentuk pada karburator akan terisap masuk kedalam ruang bakar.

Langkah Kompresi Pada saat piston bergerak dari TMB ke TMA posisi kedua klep yaitu klep masuk dan klep buang akan tertutup mengakibatkan gas yg mengalir pada saat langkah isap akn termanpatkan (kompresi) Beberapa saat sebelum piston sampai pada TMA, waktu penyalaan pada busi terjadi sehingga terjadi pembakaran.

Langkah Tenaga/Usaha Gas yg terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB secara otomatis. Energi akibat gerak dorong tersebut kemudian akan di pindahkan ke poros engkol/crankshaft melalui perantara batang penghubung/ stang piston

Langkah Buang Pada saat piston bergerak dari TMB ke TMA posisi klep/katup masuk tertutup dan klep buang terbuka, akibatnya gas dari hasil pembakaran tadi terdorong keluar menuju saluran pembuangan/ knalpot.



0 komentar:

  © OTISTA 2009

Back to TOP